This is Arsenal's biggest opportunity for a decade?

Lebih dari 10 tahun puasa gelar liga inggris, rasanya bagi tim elit ibu kota inggris adalah hal yang memalukan, Tetapi itulah real kenyataan yang harus dihadapi, Awal dekade 2004 sunguh sulit bagi Wenger untuk mempertahankan eksistensi di belantika sepak bola dunia, tahun demi tahun mereka kehilangan key player mereka sebut saja Van Persie (MU), Nasri (M. City) bahkan kapten muda Cesc (Barcelona) dll, Hutang yang menumpuk untuk pembangunan stadion Emirates menjadi kambing hitam dalam perburuan title juara BPL.

Tetapi diakhir dekade ini 2013/2014 dan 2014/2015 2 tropy FA Cup berturut-turut dipersembahkan oleh tim meriam london, Walaupun bukan title No. 1 FA Cup bukti sebagai tonggak awal the dream team untuk menguasai daratan Inggris seperti pendahulunya era awal 2000-an (Henry, Bercham, Viera dkk)

Untuk saat ini setiap tahunya Arsene Wenger mulai membeli pemain berkualitas  (Santi Cazorla 2012, Mesut Ozil 2013, Alexis Sanchez 2014 dan Petr Cesc 2015), Julukan sebagai "klub peternak" sudah mulai pudar sebagai sindiran akan penjualan pemain-pemain bintang yang dibina dan dimilikinya.



Santi Cazorla, Mesut Ozil, Alexis Sanches & Petr Cech


Tetapi apakah dengan pembelian pertama Arsenal Petr Cech di musim panas 2015/2016 ini melengkapi pazzle the dream team? dengan pembuktian mendapatkan gelar BPL musim 2015/2016 mendatang? Semua orang di dunia berkomentar positif atas kedatangan sang legend ini, Sebut saja rekan sesama legenda GK italia Gianluigi Buffon dalam akun twitternya:


Atau komentar teman sejawat Didier Drogba, John Terry & Frank Lampard di berbagai media yang menyatakan pengalaman dan mental dari Petr Cech akan menjadi nilai tambah bagi Arsenal untuk bersaing memperebutkan title juara BPL

GettyPetr Cech saat kedatanganya pasca transfer musim panas BPL 2015/2016

Arsenal benar masih dilanda krisis kepercayaan atas lamanya tidak meraih gelar BPL, Jika kita bedah posisi manakah yang seharusnya diperkuat setelah datangnya Petr Cech. Kita coba maju kedepan bagian defender, Duet Koscielni & Mets dirasa hanya cukup jika mereka bisa bermain konsisten, datangnya Gabriel belum memberikan tambahan kekuatan yang nyata di pertengahan musim lalu, tetapi ada hal yang menarik yaitu lahirnya winger defender muda Bellerin, seakan menyihir jutaan pasang mata fans arsenal musim lalu, sebagai pengganti Debuchi yang cidera di awal musim.


Bellerin

Dengan gaya drible yang cepat dan keberanian untuk menusuk di jantung kiri pertahanan lawan membuat dia mendapatkan tempat di starting XI musim lalu. Sebagai anak didik Arsenal academy bellerin mengingatkan atas performa pendahulunya seperti Ashley Cole (Chelsea) & Clitcy (City). 

Lebih kedalam membahas tentang sosok sentral di lini tengah, tak tergantikan dan cukup baik duet Santi Cazorla & Mesut Ozil bahu membahu untuk memainkan ritme permainan ala tiki taka Arsenal ditambah sentuhan Aron Ramsy/ Jack Wilshere membuat gaya permainan Arsenal indah dan harmonis.

Tetapi lagi-lagi ada kejutan di musim lalu, Jika pendahulu punya Viera sang jangkar perusak ritme lawan, dalam 1 dekade ini kita bisa sedikit melihat potensi adanya pada sosok pemain muda Coquelin. Gaya dinginya dan keberanian 1 lawan 1 membuat impresif performanya musim lalu. Catatan tackling yang efektif membuat DMF yang satu ini selalu dibandingkan dengan Morgan Snederlin. 

Francis Coquelin pasca celebrasi title FA cup 2014/2015

Atas Kinerja kerasnya akhirnnya terbayarkan sebagai starter menggeser peran Flamini/ Arteta. Kita maju ke forward posisi penyerang, "Beruntung" kata yang bisa menggambarkan kedatangan pemain berpasspord Chille ini, Tak diherankan lagi Alexis Sanches menjelma sebagai momok menakutkan di depan gawang lawan torehan lebih dari 20 gol dia lesatkan musim pertamanya, Arsenal rindu akan striker yang berkelas tak lama setelah berakhirnya masa kejayaan Henry & RVP.

Celebrasi kemenangan Alexis Sanches dalam kemenangan Chille vs Argentina Final Copa Amerika

Pertanyaanya hanya satu apakah dengan semua pemain ini menghadirkan kembali the dream team Arsenal?
Seluruh pengamat di dunia pasti sepakat bahwasanya pembuktian hanya akan ada ketika dapat mencicipi gelar BPL 2015/2016 tidak hanya dengan gelar FA Cup bahkan Champion League yang dinantikan seluruh fans di dunia.
 Foto training pramusim Asia (Singapour) Tour 2015/2016

Dan diujung artikel ini secara statistik dan realistis dengan formasi 4-2-3-1 dan komposisi pemain yang ada sampai artikel ini diterbitkan, dengan persaingan Chelsea, City, MU saya pikir posisi ke- 2 klasemen BPL adalah prediksi yang nyata untuk saat ini. Mengingat banyak sektor baik lini belakang, tengah dan depan yang masih perlu dibenahi dengan jadwal musim depan yang cukup padat.

Perkiraan formasi musim 2015/2016

Dan optimisme Arsenal bisa menantang para pesaing gelar BPL 2015/2016 jika Arsene Wenger mau untuk mendatangkan 2 pemain berkualitas lagi (pengalaman & mental) untuk menambah daya dobrak dan pertahanan arsenal. Rumor yang beredar sejauh ini dari mulai Benzema, Higuain, Gotze, Draxler, Carvalho, Morgan, Vidal, Pedro, Sterling adalah nama-nama yang santer dirumorkan akan berlabuh di Emirates Stadium musim ini, Semoga.




No comments:

Post a Comment